Thursday, June 23, 2011

Saat Sakit

ehem.. siapa yg tinggal di Yogyakarta? pasti ga cuma yang di Yogya aja sih, di daerah lain juga pasti ngerasain yang namanya perubahan cuaca. tapi ini perubahan cuacanya ekstrim buanget..
khusus yang di Yogya, pasti ngerasain hal yang sama kaya' Ellen. siang panasnya naudzubillah, sore tiba2 mendung, malem tiba2 panas, subuh tiba2 ujan deres, besoknya mendung sendu sampe siang, tiba2 panas 2 hari berturut2 tiba2 ujan lagi, kalo ga minimal udaranya tiba2 jadi dingin (kaya' sekarang yg lagi Ellen rasain). ekstrim banget yah?
apa yang terjadi kalo gini terus keadaannya? cuaca ga menentu, udara dingin dan panas datang silih berganti seenaknya.. nah ujung2nya, pas Ellen kecapekan, sistem imun pas turun, ada mikroorganisme kaya' virus, bakteri, candida, dsb yang kebawa angin, kehirup sama Ellen, tentara pertahanan dari first line sampe yg paling jitu kalah, ya jadi sakit deh.. huhu.

oke Ellen mau cerita dikit tentang sistem imun. *kebetulan blok ini lagi ngomongin tentang imun. ekekekek.*

Sistem imun itu pada dasarnya ada 2 :
1. Non spesifik
2. Spesifik

sebenernya setahu Ellen setelah dapet kuliah, mikroorganisme2 tadi pertama pas mau masuk ke tubuh, dihadang dulu sama barier atau sistem pertahanan pertama. nah.. sistem pertahanan pertama itu ada kulit, selaput lendir dll dsb etc. itu termasuk dalam respon imun non spesifik yang fisik. jadi sekarang Ellen tambahin lagi aja ya penjelasannya.

1. Non spesifik :
   a. Fisik/Mekanik : kulit, selaput lendir, silia, batuk, bersin
   b. Larut : asam lambung, lisosim, laktoferin, humoral (complement, interferon, C-RP)
   c. Seluler : fagosit (PMN & MN), NK cell, sel mediator (basofil, trombosit)
2. Spesifik :
   a. Humoral / Sel B : antibodi/imunoglobulin
   b. Seluler / Sel T : sel Th, sel C

jadi.. Ellen cerita lagi ya..
mikroorganisme yang masuk ke dalam tadi atau disebut juga antigen (benda asing yang masuk ke dalam tubuh) pertama dihadang sama respon imun non spesifik yang fisik mekanik itu dulu. setelah pertahanan pertama itu berhasil di tembus, antigen tadi masuk ke dalam jaringan tubuh, dihadapi sama respon imun non spesifik yang seluler kaya' PMN, NK cell, nah antigen tadi difagosit (dimakan gitu deh) sama mereka. kalo ternyata antigen tadi masih bisa nembus, keluarlah respon imun spesifik untuk membantu respon imun non spesifik tersebut. sel B menghasilkan imunoglobulin (Ig) yang spesifik untuk menahan dan menetralkan antigen itu. nah kalo si antigen tadi berhasil lolos juga, sel T juga kerja lo.. sel T dikenalin ke antigen itu. siapa yg ngenalin? yap, APC atau Antigen Presenting Cell. dia ngenalin antigen yang masuk tadi ke sel T, akhirnya sel T dibantu Ig dari sel B mengaktifkan makrofag deh. selanjutnya terjadilah opsonisasi. *mudah2an kalian mudeng, karena sesungguhnya Ellen juga jadi agak pusing bacanya. kwkwkw. :p*

mau lebih jelas? ini Ellen kasih gambarnya..


nah terus kalo sistem pertahanan imun kita lemah pas cuacanya buruk gini gimana donk? ya jadinya kaya' Ellen sekarang.. sistem imunnya lagi berusaha ngeluarin antigen yang masuk ke tubuh Ellen mati2an selama lebih dari 3 hari! batuk2 bersin2 (termasuk respon imun non spesifik mekanik), terus demam, ini sebenernya termasuk respon imun, sebenernya di dalem tubuh ini lagi tejadi peperangan hebat. dari luar, sewaktu belum parah, Ellen minta bantuan vitamin C 1000mg. setelah parah, Ellen minta bantuan yang lebih ampuh yaitu dari analgesik, antibiotik, sama imunosupresi. kebetulan analgesik yang Ellen pake Alpara, antibiotik Ciprofloxacin, imunosupresi Dexamethasone. lumayan 1 hari pake langsung kelihatan hasilnya. hehehe.

kok Ellen bisa sakit sih? iya makanya Ellen punya saran nih buat temen2 yang ngerasain perubahan cuaca yang ekstrim dan belum terkena penyakit, saran Ellen :
1. perbanyak makan makanan bergizi
2. kurangi kegiatan di luar rumah/ruangan
3. cukupkan istirahatmu nak.. karena itu akan sangat membantu sistem pertahanan tubuhmu!
4. sangat amat kurangi yang namanya begadang! karena begadang itu sangat amat menurunkan sistem pertahanan tubuhmu!
6. rutin konsumsi buah2an atau setidaknya konsumsi vitamin C 1000 mg. cukup 1 takaran/hari.
7. berdoa sama Allah agar diberi kesehatan
8. JANGAN MANDI DI ATAS JAM 6 SORE! apalagi sampe keramas, jangan sampe! hehehe.

oke sekian tips dan cerita dari Ellen. semoga bermanfaat. ^^

source : kuliah Prof. dr. Marsetyawan

milkysmile

4 comments:

  1. bu dokter , aku tiap malem begadang tapi alhamdulillah ga sakit atau mungkin *belum sakit .. tapi ya kalo sakit batuk sih.. batuk ringan.. o,o

    ReplyDelete
  2. udah sembuh ya, syukurlah..
    nice tips len
    saya suka hehe..
    tp untuk point ke 4 susah juga ya jalaninnya, gimana dengan multivitamin len?
    ada tips ga buat yang ga bisa ninggalin kebiasaan begadang, bu dokter?^^

    ReplyDelete
  3. @ angga : iya sama aja ngga batuk ya tandanya kamu ga sehat itu.. haha. jangan keseringan begadang hayo.. ^^

    @ dika : hm kalo multivitamin ellen ga pernah dik. kalo ellen lebih suka vitamin C aja sih soalnya fungsinya kan menambah daya tahan, membantu penyembuhan luka di tpt2 tertentu, ada sedikit antioksidan juga. ^^

    ReplyDelete
  4. o iya, tips buat ninggalin kebiasaan begadang ntar aku buat post sendiri aja ya.. ;)

    ReplyDelete